CONTOH
FORMAT RPP
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran : ....
Kelas/Semester : ....
Pertemuan
ke- : ....
Alokasi
Waktu : ....
Standar
Kompetensi : ....
Indikator
: ....
I.
Tujuan Pembelajaran : ....
II.
Materi Ajar : ....
III.
Metode Pembelajaran : ....
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
:
Pertemuan
Pertama,
A.
Kegiatan Awal : ....
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
Elaborasi :
Kompirmasi : ....
C.
Kegiatan Akhir : ....
V.
Alat/Bahan/Sumber Belajar : ....
VI.
Penilaian : ....
Mengetahui
Kepala
Sekolah
|
Guru
Mata Pelajaran
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI
/ Pertama
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit
Standar
Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk
hidup dengan lingkungan hidupnya
Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki
hewan dan lingkungan tempat hidupnya.
Indikator
v Memberi contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk
memenuhi kebutuhannya misalnya : kelelawar
dan cicak
v Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya,
misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar),
dan lain-lain.
v Mengaitkan ciri khusus yang dimiliki hewan dengan
lingkungan hidupnya.
v Melakukan pengamatan hewan di sekitar yang memiliki ciri
khusus
A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menyebutkan contoh
beberapa hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya.
2. Peserta didik dapat mendeskripsikan atau
menyebutkan ciri khusus beberapa hewan seperti kelelawar dan cicak
3. Mengaitkan ciri khusus yang dimiliki hewan
dengan lingkungan hidupnya.
B. Materi Pokok Pembelajaran
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan :
1. Hewan-hewan yang
memiliki ciri khusus
2. Ciri-ciri khusus
hewan
3. Ciri khusus hewan dan
lingkungan hidupnya
C. Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
a. Taching
Game Team ( TGT )
b. Cooperative
Teaching and Learning ( CTL )
2. Metode
a. Diskusi
b. Pengamatan
c. Kerja
Kelompok
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama (
2 x 35 menit )
1.1.
Pendahuluan ( 10
menit )
v Guru mengabsen kehadiran siswa
v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
menyanyikan lagu “Cicak-cicak di Dinding”, dan dilanjutkan dengan melakukan
tanya jawab mengenai makhluk hidup yang ada di sekitar kita.
-
Mengapa cicak tidak
jatuh ketika merayap di dinding dan langit-langit rumah?
-
Bagaimana kelelawar
mencari makan ?
v Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa.
1.2.
Kegiatan Inti (45
menit)
1.2.1 Eksplorasi
·
Peserta didik
menyimak penjelasan singkat materi pembelajaran dan tugas dari guru
·
Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa
·
Peserta didik
melakukan diskusi tentang penjelasan guru serta materi yang diberikan dalam
bentuk handout (mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar/ekolokasi,
memancarkan bunyi dari mulutnya, bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda
disekitarnya, selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda
tersebutdari bunyi yang kembali padanya.
·
Mempelajari kaki
lengket pada cicak dan tokek, telapak kaki tokek/ cicak mempunyai lapisan
berupa struktur seperti rambut yang lengket, mempelajari lidah yang panjang dan
lengket pada bunglon dan landak semut.
·
Guru mendampingi
siswa dalam berdiskusi sampai semua anggota memahami apa yang sedang
dipelajari.
·
Setelah selesai
berdiskusi, salah satu kelompok mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang
ditunjuk tentang materi yang telah didiskusikan, kelompok yang telah menjawab
pertanyaan mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang belum mendapat
pertanyaan.
1.2.2 Elaborasi
Setiap perwakilan kelompok maju ke
muka kelas untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan.
1.2.3 Konfirmasi
Peserta didik bersama-sama dengan
guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari :
-
Kelelawar mencari
makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-
Cecak dan tokek
merayap di dinding karena mempunyai perekat.
-
Bunglon dan landak
semut menangkap mangsanya dengan lidah
1.3.
Penutup (15 menit)
-
Guru memberikan
penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi
maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran
-
Guru memberikan
tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan pertemuan
selanjutnya
2.
Pertemuan Kedua (2
x 35 menit)
2.1.
Pendahuluan (10
menit)
v Guru mengabsen kehadiran siswa
v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa dengan
melakukan tanya jawab mengenai materi pelajaran sebelumnya
v Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa.
2.2.
Kegiatan Inti (45
menit)
2.2.1.
Ekplorasi
·
Peserta didik
menyimak penjelasan singkat materi pembelajaran dan tugas dari guru
·
Peserta didik
membentuk kelompok dengan jumlah anggota 6 – 7 orang siswa
·
Peserta didik
melakukan diskusi tentang penjelasan guru serta materi yang diberikan dalam
bentuk handout (Keterkaitan cirri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan
hidupnya)
·
Mempelajari
keterkaitan kaki lengket pada cecak dan tokek, lidah yang panjang dan lengket
pada bunglon dan landak semut dengan lingkungan hidupnya.
·
Guru mendampingi
siswa dalam berdiskusi samapi semua anggota memahami apa yang sedang
dipelajari.
·
Setelah selesai
berdiskusi, salah satu kelompok mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang
ditunjuk tentang materi yang telah didiskusikan, kelompok yang telah menjawab
pertanyaan mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain yang belum mendapat
pertanyaan.
2.2.2.
Elaborasi
Setiap perwakilan
kelompok maju ke muka kelas untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah
dilakukan.
2.2.3.
Konfirmasi
Peserta didik
bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.3.
Penutup (15 menit)
2.3.1.
Guru memberikan
penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan pekerjaannya dalam berdiskusi
maupun yang dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran.
2.3.2.
Guru memberikan
tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan latihan
ulangan pada pertemuan berikutnya.
3.
Pertemuan Ketiga (
2 x 35 menit )
3.1.
Pendahuluan ( 10
menit )
v Guru mengabsen kehadiran siswa
v Memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa latihan
ulangan yang akan dilakukan.
v Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
dapat dicapai oleh siswa.
3.2.
Kegiatan Inti (50
menit)
3.2.1. Ekplorasi
·
Peserta didik
menyimak penjelasan singkat materi pelaksanaan latihan ulangan yang akan
dilakukan.
·
Guru membagikan
berkas soal latihan ulangan kepada peserta didik.
·
Peserta didik
mengerjakan soal-soal latihan ulangan dengan batas waktu yang ditentukan.
§ Setelah selesai mengerjakan soal-soal latihan ulangan,
peserta didik diminta untuk menukar lembar jawaban pada teman sebangku.
3.2.2.
Elaborasi
Setiap
peserta didik mengevaluasi hasil pekerjaan temannya, dan peserta didik yang
ditunjuk dapat menyebutkan jawaban temannya.
3.2.3.
Konfirmasi
Peserta
didik bersama-sama dengan guru menyamakan jawaban soal latihan ulangan.
3.3.
Penutup (10 menit)
3.3.1.
Guru memberikan
nilai dan penghargaan kepada peserta didik atas hasil latihan ulangan yang
telah dikerjakan.
3.3.2.
Guru memberikan
tugas kepada siswa agar mempelajari materi pelajaran sebagai bahan belajar pada
pertemuan berikutnya.
E.
Sumber Belajar
-
Buku Paket IPA
karangan Dwi Suhartanti, Isnani Aziz Zulaikha, Yulinda Erma Suryani. Penerbit
Mentari Pustaka (Buku BSE)
-
Gambar hewan
-
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
-
Lingkungan sekitar
F.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian : Tes
Proses dan Pos Tes (Tes tertulis)
2.
Instrumen Penilaian : terlampir
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas
!
1.
Kelelawar merupakan
ssatu-satunya mamalia yang dapat terbang. Untuk mencari makanan kelelawar
memanfaatkan pantulan bunyi yang berfrekuensi tinggi. Kemampuan tersebut
disebut dengan...................
2.
Cicak dan tokek
memiliki ciri khusus yang sama yaitu.................
3.
Ciri khusus yang
dimiliki oleh landak semut dan bunglon adalah..............
4.
Unta, meskipun
tidak makan berhari-hari tetapi dapat bertahan di padang pasir karena
memiliki..................
5.
Memiliki mata dan
pendengaran yang tajam dan peka adalah ciri khusus yang dimiliki oleh
hewan................
Kunci Jawaban :
1.
Ekolokasi
2.
Memiliki perekat
pada kakinya yang berfungsi untuk merayap di dinding
3.
Memiliki lidah yang
panjang dan lengket
4.
Punuk yang
berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan
5.
Burung hantu
Score nilai
1.
Jika jawaban benar
nilai 2, jika salah 0
2.
Jika jawaban benar
nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
3.
Jika jawaban benar
nilai 2, jika mendekati 1, jika salah 0
4.
Jika jawaban benar nilai
2, jika mendekati 1, jika salah 0
5.
Jika jawaban benar
nilai 2, jika salah 0
.........................,
.............................................
Mengetahui
Kepala Sekolah,
...................................................
NIP.
|
Guru Kelas,
...................................................
NIP.
|
MEDIA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI /
Pertama
Materi Pokok : Ciri-ciri
khusus beberapa jenis hewan :
1. Hewan-hewan yang memiliki ciri khusus
2. Ciri-ciri khusus hewan
3. Ciri khusus hewan dan lingkungan hidupnya
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Hari / Tanggal :
Kelas / Semester : VI / I
Nama Kelompok : ................................................................................
Nama Anggota Kelompok : 1. ............................................................................
2. ............................................................................
3. ............................................................................
4. ............................................................................
5. ............................................................................
6. ............................................................................
7. ............................................................................
No.
|
Nama Hewan
|
Ciri-ciri Khusus
|
Kegunaan
|
Nilai
|
Tanda Tangan Guru
|
LEMBAR EVALUASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Hari / Tanggal : ......................................................................
Nama Siswa : ......................................................................
Kelas / Semester : VI. C / 1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas
!
1.
Kelelawar merupakan
ssatu-satunya mamalia yang dapat terbang. Untuk mencari makanan kelelawar
memanfaatkan pantulan bunyi yang berfrekuensi tinggi. Kemampuan tersebut
disebut dengan...................
2.
Cicak dan tokek
memiliki ciri khusus yang sama yaitu.................
3.
Ciri khusus yang
dimiliki oleh landak semut dan bunglon adalah..............
4.
Unta, meskipun
tidak makan berhari-hari tetapi dapat bertahan di padang pasir karena
memiliki..................
5.
Memiliki mata dan
pendengaran yang tajam dan peka adalah ciri khusus yang dimiliki oleh
hewan................
Jawaban :
1.
..........................................................................................................................................
2.
..........................................................................................................................................
3.
..........................................................................................................................................
4.
..........................................................................................................................................
5.
..........................................................................................................................................
Nilai
|
Tanda Tangan Guru
|
Categories:
Perangkat Pembelajaran
1 komentar:
Obat Tradisional Angina paling Ampuh
Tanaman Obat Tradisional Maag paling Ampuh
Obat Penegang Penis Pria paling Ampuh
Cara Ampuh Melangsingkan Badan Tanpa Efek Samping
Obat Disfungsi Seksual Pria Alami
Eye Care Softgel Harga
Obat Impotensi Alami Paling Ampuh
Pengobatan Alami Mata Minus paling Ampuh
Obat Tradisional penyakit Hati paling Ampuh
Obat Ejakulasi Dini Paling Ampuh
Obat Kuat Pria Alami
Agen Green World Papua Jayapura
Vig Power Capsule Green World
Pengobatan Alami Mengecilkan Paha dengan Cepat
Obat Tradisional untuk Lemak Dalam Darah paling Mujarab
Posting Komentar